Istana Musim Panas (Summer Palace), Beijing

Summer Palace Beijing adalah Summer Palace atau Yihe Yuan berarti Istana Musim Panas. Istana ini terletak di distrik Haidian, yang terletak 15 kilometer dari kota Beijing yang menjadi tempat tinggal para Kaisar Dinasti Qing. Penduduk setempat menyebutkan bahwa Summer Palace sebagai taman kekaisaran yang diawetkan dan terbaik di dunia serta terbesar di masa China modern.

Menurut sejarah kekaisaran, keluarga kaisar memilih tempat ini sebagai tempat tinggal permanen yang terus-menerus menghadirkan gaya hidup mewah serta dijadikan sebagai tempat peristirahan dan pesta.

Summer Palace dibangun pada 1115M oleh Dinasti Qing. Awalnya, bangunan ini merupakan sebuah Qingyi (taman ripples). Pada 1860M, sebagian istana hancur akibat serangan pasukan Inggris dan Prancis dalam Perang Opium atau Perang Candu kedua yang dianggap sebagai bentuk agresi asing dan penghinaan terhadap China.

Dalam perang tersebut, China tidak bisa mengahalangi pasukan agresor yang membakar istana. Istana tersebut mulai dibangun dan direnovasi besar-besaran oleh Ibu Suri Cixi pada 1881M setelah suaminya Xianfeng meninggal.

Summer Palace, Istana Kekaisaran Termegah dan Terbaik di China ini memiliki banyak tempat yang bagus dan layak untuk dikunjungi, di antaranya sebagai berikut.

  • Front hall area, merupakan tempat dengan kontruksi termegah. Tak heran jika pada bagian timur dan barat bangunan ini menjadi kebun anggun bagi Menara Dupa Budha. Menuju ke arah puncak, terdapat bangunan unik seperti Hall of Colouds, Hall of Glory, Beaoyoun Pavilion, dan sebagainya.
  • Front lake area, adalah sudut yang mencakup bagian Danau Kunming (Kunming Lake) dan Danau Kembali (Sungai Houxi) yang terhubung dengan banyak galeri yang di kelilingi pavilliun, jembatan, dan dermaga.
  •  Rear Hall adalah bukit depan yang kontruksinya kebanyakan tidak pernah bisa dinaiki setelah adanya perang, hanya beberapa reruntuhan saja yang tersisa. Dulu, di belakang bukit tersebut terdapat sebuah bangunan keagamaan kelompok Candi Houda, yang arsitekturnya menyerupai Han dan Tibet.


Meskipun kontruksinya sedikit, tetapi memilki keunikan yaitu pohon-pohon hijau lebat dan jalan berbelok-belok. Tempat ini terkenal dengan Taman Harmoni, Hall Sincerity, dan sebagainya. Di mana setiap area memiliki berbagai bangunan dan fasilitas seperti kuil, menara, taman, dan sebagainya.

Summer Palace memiliki luas sekitar 300 hektar, yang mencakup lebih dari 3.000 bangunan. Area bangunan lebih dari 70.000 meter persegi, termasuk pavilliun, menara, jembatan, dan koridor. Bangunan ini merupakan gedung menyatu secara serasi dengan merefleksikan hubungan harmonis antara manusia dan alam sekitarnya. Tiga perempat bagian dari Summer Palace adalah air dan Danau Kunming.

Di sebelah timur laut istana, terdapat gerbang menuju pantai timur dari Kunming Lake. Tempat ini biasa dijadikan sebagai ruang bertemu para pejabat dan penyelenggaraan acara-acara kenegaraan.

Dengan pola yang sama Summer Palace bagian depan dan belakang kebun China dijadikan sebagai pengadilan. Gerbang di sebelah timur hall adalah kantor Kaisar, sedangkan Rapless Jade adalah tempat tinggal kaisar Guangxu.

Terdapat juga Taman Kebijakan dan Harmoni, yaitu Balai Yiyun yang pernah menjadi tempat tinggal Ratu Longyu. Selain itu, daerah ini menjadi pusat pemberhentian transportasi bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan Danau Kunming dan Bukit Panjang Umur.

Bukit ini mengandung banyak pemandangan kontras di antara sudut selatan dan utara. Sudut selatan terdapat bangunan mewah, sedangkan utara hanyalah permukiman biasa bekas jajahan tentara Anglo, Perancis.

Di sebelah selatan Bukit Panjang Umur terdapat hamparan air luas yang dihiasi dengan banyak ornamen seperti paviliun musim semi, Dermaga Phoenix, dan Menara Cermin. Selain itu, terdapat Pulau Danau Selatan yang merupakan rumah bagi Kuil Raja Naga. Dilihat dari kejauhan danau ini menyerupai sebuah gunung peri di tengah laut.

Danau ini terhubung dengan Pantai Seventeen yang dihiasi dengan patung-patung singa dan banteng perunggu besar. Sementara di ujung selatan terdapat Narks, bekas tempat kuni yang menghubungkan Danau Kunming dan kanal tua menuju  makam seorang penasihat Genghis Khan, Yelu Chuachai,  di pusat ibukota.

Musim panas adalah kesempatan terbaik untuk mengunjungi Summer Palace. Pada bulan April di akhir musim dingin, bagian Gunung Peach mulai membuat debu awal dari utara Bukit Panjang Umur.

Tidak lama setelah itu, bermekaranlah bunga crabrapples dan lilac china. kemudian disusul raja bunga magnolia dan peony yang mekar penuh. China wisteria serta poeny herba berada di sepanjang jalan dan Jeruk Mock berada di depan Istana Perpisahan pada bulan Mei. Adapun musim Lotuses berlangsung dari Juli-Oktober.

Pada tahun 1998, Summer Palace ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia yang pernah juga disebut The Museum of Royal Garden.

Itulah sedikit deskripsi dari keindahan Summer Palace, Istana Kekaisaran Termegah dan Terbaik di China. Bagi sahabat yang ingin berkunjung ke sana, Cheria Travel bisa dijadikan pilihan. Wisata ke Summer Palace, Istana Kekaisaran Termegah dan Terbaik di China pun bisa menjadi lebih menyenangkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istana Musim Panas (Summer Palace), Beijing"

Posting Komentar