National Grand Theater, Beijing

Kota Beijing di Cina terkenal akan bangunan-bangunan peninggalan bersejarah, seperti Taman Tiantan, Museum Rakyat yang berada di Lapangan Tiananmen yang merupakan nol kilometer kota Beijing, dan bangunan kuno lainnya. Selain terkenal karena bentuk bangunan bersejarah yang memiliki gaya arsitektur khas Cina kuno, kota Beijing kini juga telah memiliki ikon-ikon bangunan modern seperti Water Cube dan Stadion Nasional. Tak hanya itu bangunan yang menjadi ikon kota Beijing, ada lagi bangunan yang menyerupai telur raksasa yang tak kalah menakjubkan dari Water Cube dan Stadion Nasional, yaitu Gedung Teater Nasional.
Gedung Teater Nasional memiliki bentuk bangunan yang unik dan masuk dalam kategori 7 bangunan paling unik di dunia. Gedung ini berbentuk seperti telur raksasa. Anda penasaran kenapa bisa seperti itu? Konsepnya memang simpel, bentuk gedung ini sebenarnya setengah bulat atau lonjong,dengan memanfaatkan pantulan bayangan dari air yang mengelilingi gedung ini, maka gedung yang berbentuk setengah lonjong tersebut seolah-olah gedung ini menjadi telur raksasa yang mengambang di tengah kota. Walaupun begitu, dalam pembangunan gedung ini tetap memperhatikan sisi keamanan dari gedung yang berdiri di tengah-tengah danau ini.

Gedung ini memiliki luas sekitar lebih dari 1300 meter persegi, dengan beberapa aula yang luas di dalamnya. Aula-aula tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, diantaranya aula yang digunakan sebagai tempat untuk pentas teater atau opera yang biasanya dipentaskan setahun sekali atau saat ada festival opera di Beijing. Selain aula teater, ada pula aula yang digunakan sebagai tempat konser musik klasik. Konser musik klasik sangat sering diadakan di sini, seperti permainan instrumental piano, gitar akustik, biola, dan harpa. Gedung Teater Nasional ini dapat menampung hingga lebih dari 20000 pengunjung tiap harinya. Gedung ini tak boleh anda lewatkan saat anda berkunjung ke Beijing, jika anda berkunjung pada bulan Mei dan Agustus, anda dapat menikmati konser musik instrumental di sini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "National Grand Theater, Beijing"

Posting Komentar